Menjaga Kulit Agar Terus Sehat

Kulit Anda jauh lebih dari permukaan luar untuk dilihat dunia. Ini melindungi Anda dari bakteri, kotoran dan benda asing lainnya dan sinar ultraviolet matahari, dan berisi ujung saraf yang memberi tahu Anda apakah sesuatu panas atau dingin, lunak atau keras, tajam atau kusam. Kulit Anda juga memainkan peran penting dalam mengatur cairan dan suhu tubuh Anda.

Di bawah kulit luar yang halus dan berbulu, atau epidermis, yang kita lihat setiap hari adalah lapisan jaringan yang tebal, kuat dan elastis yang dikenal sebagai dermis. Dermis kaya dengan pembuluh darah, keringat dan kelenjar minyak, dan ujung saraf.

Kulit sehat mulus, tanpa patah di permukaan. Hangat (tidak panas atau merah) dan tidak kering dan bersisik atau lembab dan berkerut. Kulit sehat adalah Manfaat Kapsida cermin dari tubuh yang sehat.

Menjaga Kulit Agar Terus Sehat

NUTRISI:

Agar kulit Anda tetap sehat, makan makanan seimbang yang mencakup banyak makanan protein, buah-buahan dan sayuran (segar jika mungkin) dan cairan. Jika Anda mengalami masalah kulit, seperti nyeri tekan atau sayatan bedah penyembuhan, Anda harus meningkatkan asupan protein (daging tanpa lemak, makanan susu dan kacang polong), karbohidrat (roti, sereal), vitamin A, C dan E, dan seng. Besi ekstra mungkin diperlukan jika Anda menderita anemia (lihat “Anemia” paragraf di bawah).

SIRKULASI :

Kulit dilayani oleh sejumlah besar pembuluh darah, dan sirkulasi yang cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Anda dapat membantu memastikan suplai darah yang sehat dengan mempertimbangkan saran-saran berikut:

  • Merokok – JANGAN! Nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah menjadi kecil (menyempit) dan mencegah darah, oksigen dan nutrisi mengalir ke jaringan tubuh.
  • Edema, atau pembengkakan yang disebabkan oleh pengumpulan cairan di jaringan, biasanya terjadi di bagian tubuh yang tidak sering bergerak dan berada di bawah tingkat jantung (yaitu, kaki, kaki dan tangan). Kulit di area edema menjadi tipis dan pucat dan mudah melukai karena sirkulasi yang buruk. Edema dapat dicegah dengan mengangkat kaki dan tangan Anda secara teratur, melakukan latihan Range of Motion (ROM) reguler dan memakai stoking kompresi.
  • Anemia (penurunan sel darah merah). Oksigen sangat penting untuk kesehatan kulit, dan dibawa oleh sel darah merah. Penurunan jumlah mereka berarti lebih sedikit oksigen yang masuk ke kulit, yang berarti sel-sel kulit bisa menjadi tidak sehat atau bahkan mati. Anemia harus dievaluasi dan diobati oleh penyedia layanan kesehatan Anda.
  • Penyakit vaskular, atau penyempitan pembuluh darah, bisa disebabkan oleh diabetes, merokok, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Hasilnya adalah penurunan aliran darah ke kulit. Bekerja sama dengan penyedia perawatan kesehatan Anda untuk mengelola kondisi yang dapat menyebabkan penyakit vaskular dan menyebabkan masalah kulit.

Tips merawat perawatan kulit yang baik:

Hindari sabun berlabel “antibakteri” atau “antimikroba.” Ini cenderung mengurangi keasaman kulit, yang bertindak sebagai perlindungan dari infeksi.

Jagalah agar kulit tetap bersih dan kering. Cuci dengan sabun dan air setiap hari, lalu bilas dan keringkan secara menyeluruh.

Lipatan kulit atau lipatan (seperti di daerah selangkangan dan ketiak) perlu dicuci lebih sering – dua kali sehari, pagi dan tidur. Ruam dapat dengan mudah terbentuk di area ini karena peningkatan kelembaban dan kehangatan. Meningkatkan sirkulasi udara ke area ini untuk membantu mencegah ruam dapat dicapai dengan memposisikan lengan dan kaki sehingga permukaan kulit dipisahkan. Misalnya, gunakan posisi “katak” untuk mengudara di area selangkangan. Udarakan area ini dua kali sehari.

Ruam dapat disebabkan oleh kaset, sabun, kain atau iritasi lainnya. Total ruam tubuh dapat terjadi akibat alergi makanan atau obat-obatan. Konsultasikan dengan penyedia perawatan kesehatan Anda untuk perawatan ini dan ruam lainnya yang mungkin Anda miliki.

Hindari menggunakan item yang dapat mengeringkan kulit – misalnya, sabun keras atau produk berbahan dasar alkohol seperti losion. (A lotion non-kering yang baik untuk digunakan adalah Alpha Keri.)

Lumasi kulit kering dengan krim pelembab atau salep (seperti Eucerin atau Aquaphor). Berhati-hatilah dalam mengaplikasikan krim di atas area tulang, karena dapat melembutkan kulit dan meningkatkan kerusakan kulit.

Kulit yang kotor dapat terurai dengan mudah. Air seni dan tinja memiliki iritasi di dalamnya dan harus dibersihkan segera untuk mencegah melemahnya dan kerusakan pada permukaan kulit.

Hindari menggunakan bubuk bedak, karena mereka dapat mendukung pertumbuhan ragi. Mereka juga dapat “cake up” dan menjaga kelembaban, menyebabkan kerusakan kulit.

Kapalan dapat terbentuk di kaki dan tangan Anda. Ini dapat dihilangkan dengan sering berendam dalam air hangat dan handuk cepat untuk mengangkat kulit mati. Anda dapat menggunakan krim pelembab untuk membantu melembutkan kapalan. Perhatikan bahwa kapalan dapat menunjukkan area gesekan berlebih atau tekanan.

Jari dan kuku jari kaki membutuhkan perawatan khusus. Rendam dan gosokkan dengan lembut dengan handuk untuk menghilangkan kulit mati dan mengurangi kemungkinan pembentukan bonggol. Kuku lebih mudah dipotong setelah direndam; pastikan untuk memotongnya secara lurus untuk menghindari kuku yang tumbuh ke dalam, dan membuatnya tetap pendek untuk keamanan. Jika kuku tumbuh ke dalam berkembang, lihat penyedia perawatan primer atau ahli penyakit kaki Anda.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *