Cara Service Mesin Cuci Samsung yang Muncul Kode 1E, Bisa Anda Lakukan Sendiri!

Kerusakan pada mesin cuci memang tidak bisa dihindari. Meskipun mesin cuci tersebut berasal dari produsen ternama dan terkenal dengan kualitasnya yang jempol seperti Samsung. Jika memang kerusakan terjadi, mau tidak mau tentunya Anda harus melakukan service.

Sebenarnya Service mesin cuci Samsung tidak melulu harus menggunakan jasa service, tapi bisa saja Anda lakukan hal itu sendiri. Tetapi untuk bisa melakukan service sendiri tentunya Anda perlu berbekal pengetahuan terkait dengan kerusakan yang dialami oleh mesin cuci Anda.

Permasalahan yang biasanya dialami oleh mesin cuci adalah water sensor level yang bekerja tidak normal. Hal ini wajar saja terjadi pada mesin cuci, lebih – lebih jika mesin sudah digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Ketidaknormalan ini dapat dengan mudah kita ketahui di display mesin cuci samsung, yaitu muncul kode 1E. Biasanya kode tersebut akan muncul bila alat tersebut kotor atau mengalami kerusakan.

Langkah – langkah Service Mesin Cuci Samsung yang Muncul Kode 1E

Sebelum Anda melakukan langkah demi langkahnya, baiknya Anda memastikan bahwa mesin cuci sudah tidak teraliri arus listrik. Kemudian ikuti tahap seperti di bawah ini.

  1. Buka penutup mesin

Pada mesin cuci top loading, penutup mesin ini berada pada bagian atas dekat engsel pintu mesin cuci. Buka tutup mesin dengan cara membuka baut yang terletak di belakang mesin cuci. Pastikan obeng yang Anda gunakan sesuai dengan baut tersebut. Lakukan dengan hati – hati. Jika semua baut sudah terlepas, sisihkan baut tersebut di tempat yang aman beserta  penutup mesinnya.

  1. Cari water sensor level, dan cek kondisinya

Ambil water sensor level (biasanya komponen ini terletak di pinggir). Kemudian lihat pipanya, jika terlihat kotor atau ada yang menyumbat maka Anda harus membersihkannya. Caranya adalah dengan mengalirkan udara ke selang tersebut hingga kotoran yang menyumbat hilang. Biasanya disini water sensor level akan kembali normal. Jika belum, artinya proses service mesin cuci Samsung masih akan berlanjut.

  1. Ganti water sensor level

Jika langkah poin 2 tidak berhasil, tandanya Anda harus mengganti water sensor level dengan yang baru. Komponen tersebut bisa Anda jumpai di toko komponen listrik terdekat. Pastikan Anda membeli yang original, agar tidak perlu melakukan kalibrasi. Cara menggantinya, pastikan water sensor level sudah tidak terhubung dengan kabel – kabel disekitarnya. Lalu ambil, tempatkan water sensor level yang baru. Hubungkan kembali dengan kabel – kabel yang tadi Anda lepaskan.

  1. Pastikan water sensor level sudah kembali normal

Caranya, sambungkan kembali arus listrik ke mesin cuci. Tekan tombol power untuk menyalakan mesin cuci. Pilih setting water level terendah, kemudian Start. Jika pada display tidak muncul kode 1E dan air terisi sesuai setting artinya komponen sudah dapat berfungsi normal. Setelah water sensor level sudah normal, Anda bisa pasangkan kembali penutup mesin beserta bautnya seperti semula.

Akhirnya, langkah demi langkah service mesin cuci Samsung dari penyedia jasa tukang service kulkas jakarta ini sudah terlalui semua. Pastikan Anda sudah melakukan semua langkah dengan benar, agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Jangan lupa untuk selalu berhati – hati dan senantiasa mencari informasi pada yang lebih ahli jika ada hal – hal yang tidak terduga ketika proses service berlangsung. Selamat mencoba.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *