4 Cara Mudah Atasi Gigi Tumbuh pada Bayi yang Rewel

Pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi Anda akan ditandai dengan tumbuhnya gigi secara bertahap. Bayi Anda akan rewel ketika mengalami proses pertumbuhan gigi karena merasa gatal atau pun terasa ada yang mengganjal. Berikut ini cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mengatasinya.

  1. Berikan Teething

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan memberikan teething yang merupakan sebuah mainan untuk bayi dengan bentuk lingkaran. Mainan ini mudah digenggam dan aman dimasukkan ke mulut dengan bahannya yang bebas BPA.

Anda dapat memberikan mainan ini pada bayi dengan terlebih dahulu mendinginkannya di kulkas. Sebelum didinginkan jangan lupa untuk mensterilkan mainan ini dengan menggunakan air panas. Tujuannya didinginkan agar dapat lebih optimal untuk meredakan rasa gatal di bagian gusi bayi.

  1. Berikan MPASI

Gigi bayi akan tumbuh saat telah menginjak usia enam bulan ke atas. Anda bisa mengatasi masalah gigi tumbuh agar bayi tidak rewel karena menahan rasa gatalnya dengan memberikan makanan pendamping ASI. Anda bisa memberikannya biskuit yang kayak akan nutrisi selain mengatasi masalah gatal pada gusi, Anda juga memberikan kebutuhan gizi untuk tubuhnya.

Anda bisa membeli makanan pendamping ASI yang kayak akan kalsium dan fluoride yang berfungsi untuk membentuk struktur gigi bayi menjadi kuat. Makanan pendamping ASI yang berkualitas ini bisa Anda dapatkan dengan belanja menggunakan JGOS di toko orami.com. Tersedia dengan berbagai tawaran diskon yang menarik dan bikin ketagihan.

Saat pemberian makanan tetap awasi bayi Anda jangan sampai bayi tersedak. Selain makanan pendamping ASI yang instan Anda juga dapat memberikan buah-buahan yang bertekstur lembut sesuai dengan kemampuan bayi. Pastikan bayi tidak akan memasukkan semua makanan sekaligus ke dalam mulutnya.

  1. Usap Gusi

Anda bisa mengatasi gatal pada bagian gusi yang menyebabkan bayi rewel dengan mengusapnya menggunakan jari atau sapu tangan yang lembut. Rutin mengusap gusi ini akan membuat Anda terus memantau pertumbuhan gigi dan dapat membersihkan rongga mulutnya secara rutin. Terlebih jika gigi telah tumbuh Anda harus lebih rutin membersihkan agar gigi tumbuh sehat.

  1. Konsultasikan

Solusi terakhir mengatasi kerewelan bayi Anda dengan membawanya berkonsultasi ke dokter setelah bayi tidak mau diberikan ASI dan juga MPASI. Anda akan diberikan obat pengurang rasa sakit berbentuk pasta untuk dioleskan pada gusi bayi. Berikan secara rutin sesuai anjuran dokter dan pastikan kebersihan tangan Anda terjaga saat memberikannya.

Seiring dengan pertumbuhan gigi bayi Anda akan mulai pandai merangkak, berjalan, bahkan berbicara. Jika pada usia yang seharusnya gigi bayi telah tumbuh lantas tidak menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan gigi segera lakukan pemeriksaan. Sebab gigi bayi bisa saja tidak tumbuh jika terjadi permasalahan di dalam rongga mulutnya.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *